Selasa, 31 Januari 2017

MAKALAH STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DAN IMPLEMENTASINYA

MAKALAH
STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DAN IMPLEMENTASINYA
Makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan Konseling.
Dosen Pengampu : Nurjaman, M.Pd .



Disusun Oleh :
Kelompok 12
1.      Nurleli                   ( 140641130 )
2.      Tasrini                   ( 140641143 )

Kelas         :           SD14 - A4

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON

2017



KATA PENGANTAR

Puji syukur penyaji panjatkan kepada Tuhan YME, yang telah memberi karunia kepada penyaji dan atas perlindungan-Nya penyaji dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Struktur Program Bimbingan Konselingdan Implementasinya ”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan Konseling.
Penyaji mengucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah Bimbingan Konseling, Bpk. Nurjaman, M.Pd dan semua pihak yang telah membantu serta membimbing penyaji demi terselesaikannya makalah ini.
Penyaji menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Namun, penyaji berharap makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Kritik dan saran sangat  diharapkan dalam penyusunan makalah di masa yang akan datang.





Cirebon,          Januari 2017

Penyusun


DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………….i
Daftar isi…………………………………………………………………………ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang…………………………………………………………….1
B.     Rumusan Masalah…………………………………………………………2
C.     Tujuan Penulisan…………………………………………………………..2
BAB II PEMBAHASAN
      A.    Pengertian Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah ………………3
      B.     Tujuan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah …………………. 3
      C.     Struktur Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah …………………4
D.    Implementasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah …………...9
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan……………………………………………………………...14
B.     Saran………………………………………………………….…………14
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sejalan dengan tujuan Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2003) setiap satuan pendidikan tidak hanya memberikan pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi (perkembangan aspek kognitif) namun juga memfasilitasi perkembangan peserta didik secara optimal. Upaya untuk memberikan pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi (perkembangan aspek kognitif) merupakan wilayah garapan guru bidang studi. Sedangkan upaya untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik merupakan wilayah garapan bimbingan dan konseling yang harus dilakukan secara proaktif dan berbasis data tentang perkembangan peserta didik beserta faktor yang mempengaruhinya. Meskipun demikian, dalam pelaksanaannya layanan bimbingan dan konseling memerlukan kolaborasi antara konselor dengan pimpinan sekolah, guru mata pelajaran, staf administrasi, orang tua peserta didik dan pihak-pihak terkait begitu juga sebaliknya.
Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan program bimbingan dan konseling yang mewadahi seluruh kegiatan bimbingan dan konseling yang akan diberikan kepada peserta didik dalam rangka menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional pada umumnya dan visi/misi yang ada di sekolah secara khusus. Penyusunan program bimbingan dan konseling hendaknya merujuk pada pedoman kurikulum dan berdasarkan kondisi objektif yang berkaitan dengan kebutuhan nyata di sekolah yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan peserta didik. Sehingga program yang dilaksanakan merupakan program yang realistik dan layak untuk di implementasikan  dan dapat mengembangkan potensi peserta didik secara optimal di sekolah-sekolah. Muro dan Kottman (Syamsu dan Juntika, 2010: 26) mengemukakan bahwa struktur bimbingan dan konseling komprehensif diklasifikasikan ke dalam empat jenis layanan, yaitu: layanan dasar bimbingan, layanan responsif, layanan perencanaan individual dan dukungan sistem. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai struktur-struktur bimbingan dan konseling komprehensif tersebut.
B.     Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas dapat diambil beberapa pokok permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu :
1.      Apa yang dimaksud program bimbingan dan konseling ?
2.      Apa tujuan program bimbingan dan konseling disekolah ?
3.      Bagaimana struktur program bimbingan dan konseling disekolah ?
4.      Bagaimana implementasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah ?

C.    Tujuan Penulisan
Dari beberapa uraian rumusan masalah diatas dapat dikatakan bahwa tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui pengertian program bimbingan dan konseling.
2.      Mengetahui tujuan program bimbingan dan konseling disekolah.
3.      Mengetahui struktur program bimbingan dan konseling disekolah.
4.      Mengetahui implementasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.













BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Program bimbingan dan konseling di sekolah ialah sejumlah kegiatan bimbingan dan konseling yang direncanakan oleh sekolah, dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu (Purwoko, 2008: 18). Menurut penyaji, program bimbingan dan konseling adalah seperangkat kegiatan bimbingan dan konseling yang dirancang secara terencana, terorganisasi, terkoordinasi selama periode waktu tertentu dan dilakukan secara kait mengait untuk mencapai tujuan.
Adapun fungsi khusus bimbingan dan konseling, yakni khususnya di sekolah, menurut H.M. Umar dkk., dalam Salahudin (2010: 129) adalah sebagai berikut :
    1.      Menolong anak dalam kesulitan belajarnya
    2.      Berusaha memberikan pelajaran yang sesuai denga minat dan kecakapan anak-anak
    3.      Memberi nasihat kepada anak yang akan berhenti dari sekolahnya
    4.      Memberi petunjuk kepada anak-anak yang melanjutkan belajarnya, dan sebagainya.
Menurut penyaji, fungsi bimbingan dan konseling adalah sebagai fasilitator dan motivator seseorang dalam upaya mengatasi dan memecahkan problem dalam kehidupan orang tersebut dengan kemampuan yang ada pada dirinya.
Semua itu termasuk usaha-usaha mendidik yang sudah seharusnya dilakukan guru terhadap siswa-siswanya. Dalam arti khusus, bimbingan mencakup semua teknik penasihatan (conseling) dan semua informasi yang dapat menolong individu untuk menolong dirinya sendiri.

B.     Tujuan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu konseli agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya. Menurut Dewa Ketut Sukardi dan Desak Made Sumiati (2005:3) tujuan program bimbingan dan konseling disekolah terdiri dari : (1) Tujuan umum, dan (2) Tujuan Khusus.
1.      Tujuan umum program bimbingan
a.       Agar siswa dapat mengembangkan pengertian dan pemahaman diri dalam kemajuannya disekolah
b.      Agar siswa dapat mengembangkan pengetahuan tetang dunia kerja, kesempatan kerja serta rasa tanggung jawab dalam memilih suatu kesempatan kerja tertentu
c.       Agar siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk memilih dan mempertemukan pengetahuan tentang dirinya dengan informasi tentang kesempatan yang secara tepat dan bertanggung jawab
d.      Agar siswa dapat mewujudkan penghargaan terhadap kepentingan dan harga diri orang lain
2.      Tujuan khusus program bimbingan
a.       Agar siswa memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
b.      Agar siswa memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami lingkungannya
c.       Agar siswa memiliki kemampuan dalam mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang dihadapinya
d.      Agar para siswa memiliki kemampuan untuk mengastasi dan menyalurkan potensi-potensi yang dimilikinya dalam pendidikan dan lapangan kerja secara tepat

C.    Struktur Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Layanan bimbingan dan konseling di sekolah atau madrasah diklasifikasikan ke dalam empat komponen layanan, ialah sebagai berikut :
    1.      Pelayanan Dasar
Layanan dasar adalah layanan bantuan kepada semua peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan untuk membantu para peserta didik mencapai kompetensi dan keterampilan dasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan dapat melaksanakan tugas-tugas perkembangan secara efektif dan sehat. Layanan ini dilaksanakan melalui kegiatan di dalam kelas (klasikal), kelompok-kelompok kecil, dan kerjasama antara konselor dan guru dalam pengembangan kompetensi tertentu yang diperlukan oleh peserta didik dalam kehidupannya.
Strategi pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling di sekolah atau madrasah meliputi:
a.       Bimbingan Klasikal: yaitu program pertemuan antara konselor dan peserta didik di kelas, yang disajikan secara klasikal dan terjadwal.
b.      Pelayanan Orientasi: ialah kegiatan yang dilaksanakan untuk memberi pemahaman baru kepada para peserta didik tentang lingkungan, kurikulum dan program sekolah atau madrasah, teman di kelas atau di luar kelas sekolah/madrasah, guru dan sarana atau fasilitas sekolah/madrasah, peraturan dan tata tertib sekolah/madrasah, program ekstra kurikuler dan lain-lain guna memperlancar penyesuaian diri di awal program tahun ajaran baru.
c.       Pelayanan Informasi: yaitu sajian informasi yang diberikan kepada para peserta didik tentang hal-hal yang dipandang perlu dan bermanfaat bagi mereka, seperti informasi tentang perguruan tinggi, pergaulan yang sehat, bahaya Miras(minuman keras)/Narkoba dan lain-lain.
d.      Bimbingan Kelompok: ialah layanan bimbingan yang diberikan kepada peserta didik melalui kegiatan kelompok untuk merespon kebutuhan, minat dan pemberian informasi yang bersifat umum dan tidak rahasia.
e.       Pelayanan Pengumpulan Data (Aplikasi Instrumentasi): yaitu kegiatan penjaringan data atau informasi tentang data pribadi dan lingkungan peserta didik baik tes maupun non tes.

Tujuan  pelayanan  dasar  bimbingan  ini  bertujuan  untuk  membantu  semua  peserta didik   agar memperoleh perkembangan yang normal, memiliki mental yang sehat, dan memperoleh  dasar  keterampilan  hidupnya;  atau  dengan  kata  lain  membantu  peserta didik  agar  mereka  dapat  mencapai  tugas-tugas  perkembangannya.

     2.      Pelayanan Responsif
    Pelayanan responsif adalah layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik yang memiliki  kebutuhan  dan  menghadapi  masalah  yang  memerlukan  penanganan  dengan segera,  sebab  jika  tidak  segera  dibantu  dapat  menilmbulkan  gangguan  dalam  proses pencapaian tugas-tugas perkembangannya. Dalam hal ini konseling mungkin berinisiatif mendatangi konselor untuk memanfaatkan bantuan profesional yang diperlukannya dari konselor karena mengalami masalah atau kesulitan tertentu karena adanya rujukan dari guru, orangtua atau profesional lain. Strategi layanan ini dilaksanakan melalui:
a.       Konseling Individual: ialah layanan yang ditujuan untuk membantu peserta didik yang mengalami hambatan dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya.
b.      Referal (Rujukan atau Alih Tangan): yaitu pelimpahan wewenang penanganan masalah yang dihadapi konseli kepada orang atau lembaga yang lebih berwenang.
c.       Kolaborasi: ialah suatu kegiatan kerjasama perlu dilakukan oleh konselor dengan pihak-pihak terkait di luar sekolah/madrasah seperti orangtua, guru bidang studi dan wali kelas yang berkaitan dengan kegiatan belajar dan pengembangan potensi peserta didik secara langsung maupun tidak langsung.
d.      Konsultasi: yaitu layanan konsultasi bagi guru, orangtua, pimpinan sekolah/madrasah, yang terkait dengan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah/madrasah.
e.       Bimbingan Teman Sebaya: ialah pemberian pelatihan kepada peserta didik yang dianggap mampu membimbing teman-temannya. Peserta didik yang menjadi pembimbing akan berperan sebagai tutor sebaya yang membantu teman-temannya dalam memahami persoalan-persoalan yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik.
f.       Konferensi Kasus: yaitu kegiatan yang dilakukan untuk membahas permasalahan peserta didik yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberikan keterangan, kemudahan dan pemecahan masalah.
g.      Kunjungan Rumah: ialah kunjungan konselor ke rumah peserta didik untuk memperoleh informasi dan data utuh tentang peserta didik dan lingkungannya untuk membantu mengentaskan masalah peserta didik.
Pelayanan renponsif bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat memenuhi kebutuhannya dan memecahkan masalah yang dialaminya, atau membantu peserta didik yangmengalamihambatan dan kegagalan dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya. Tujuan pelayanan ini dapat juga sebagai upaya untuk mengintervensi masalah- masalah atau kepedulian pribadi peserta didik yang muncul segera dan dirasakan pada  saat itu. Hal tersebut berkenaan dengan masalah-masalah sosial-pribadi, karir, dan atau masalah pengembangan belajar-pendidikan.

     3.      Perencanaan Individual
Perencanaan individual ialah proses bantuan yang diberikan kepada peserta didik sebagai upaya merencanakan, memonitor dan mengelola aktivitas yang berkaitan dengan kemajuan dan kesuksesan masa depannya berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya.
Strategi implementasi dari perencanaan individual adalah dengan cara:
a.       Individual appraisal yaitu konselor sekolah membantu siswa untuk menilai dan menafsirkan kemampuan, minat, keterampilan dan prestasi mereka
b.      Individual advisement yaitu konselor sekolah membantu siswa untuk menggunakan informasi pribadi/sosial, akademik, karir, dan informasi pasar tenaga kerja untuk membantu mereka merencanakan dan menyadarkan mereka tentang pribadi, sosial, akademik, dan tujuan karirnya
c.       Transition planning yaitu konselor sekolah dan tenaga pendidikan lainnya membantu siswa untuk melakukan transisi dari sekolah ke kerja atau untuk pelajaran tambahan dan pelatihan
d.      Follow-up yaitu konselor sekolah dan tenaga pendidikan lainnya memberikan bantuan tindak lanjut untuk siswa serta tindak lanjut mengumpulkan data untuk evaluasi dan perbaikan program.
Tujuan  layanan  perencanaan  individual  ini  dapat  juga  dirumuskan  sebagai  upaya untuk  memfasilitasi  peserta  didik  untuk  merencanakan,  memonitor,  dan  mengelola rencana  pendidikan,  karir,  dan  pengembangan  pribadi-sosial  oleh  dirinya  sendiri.  Isi layanan  perencanaan  individual  ini  adalah  hal-hal  yang  menjadi  kebutuhan  peserta didik  untuk  memahami  secara  khusus  tentang  perkembangan  dirinya  sendiri.  Dengan demikian, meskipun perencanaan individual ditujukan untuk memandu seluruh peserta didik, namun pelayanan yang diberikan lebih bersifat individual karena didasarka atas perencanaan, tujuan dan keputusan yang ditentukan oleh masing-masing peserta didik.

     4.      Dukungan Sistem
Dukungan sistem adalah kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan, memelihara dan meningkatkan program bimbingan secara menyeluruh. Layanan dukungan sistem sangat banyak dan bervariasi, antara lain dapat berupa kegiatan pengembangan profesional konselor; hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf ahli/penasehat, masyarakat yang lebih luas; peningkatan mutu manajemen program; peningkatan anggaran dan fasilitas, pelatihan BK bagi para Pengawas dan Kepala Sekolah/Madrasah.
Dukungan sistem ini meliputi beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:
a.       Pengembangan Profesi: yaitu Berkaitan dengan pengembangan profesi, konselor dituntut untuk terus memperkaya diri dengan pengetahuan, keterampilan dan pengalamannya dengan kegiatan-kegiatan: (a) in-service training, (b) aktif dalam kegiatan organisasi profesi, (c) aktif dalam kegiatan ilmiah, (d) mengikuti kegiatan seminar, workshop (lokakarya), (e) melanjutkan studi ke program yang lebih tinggi.
b.      Kegiatan Manajemen: Kegiatan manajemen ini merupakan berbagai upaya untuk memantapkan, memelihara dan meningkatkan mutu program Bimbingan dan Konseling melalui kegiatan-kegiatan: (a) pengembangan program, (b) pengembangan staf, (c) pemanfaatan sumber daya dan (d) pengembangan penataan kebijakan.
c.       Riset dan Pengembangan: Kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh konselor misalnya penelitian, membuat karya tulis, mengikuti kegiatan peningkatan profesi atau organisasi profesi.

Dukungan sistem adalah kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan, memelihara, dan meningkatkan program bimbingan secara menyeluruh  melalui pengembangan professional; hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan  guru, staf ahli/penasehat, masyarakat yang lebih luas; manajmen program; penelitian dan pengembangan (Thomas Ellis, 1990).

D.         Implementasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah ( TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi )
Setiap lembaga pendidikan formal (TK, SD, SMP, SMA, sampai dengan PT) mempunyai tujuan pendidikan yang disebut dengan tujuan institusional. Tujuan sekolah merupakan tujuan intermedier bagi tercapainya tujuan pendidikan yang lebih tinggi. Untuk mencapai tujuan ini, maka setiap sekolah (SD sampai PT) haruslah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Selain kegiatan, masih ada aspek lain yaiatu bimbingan sikap dan kesejahteraan yang belum dapat tercapai secara maksimal. Untuk memberikan perhatian terhadap aspek ini maka salah satu caranya adalah memberikan bimbingan kepada siswa. Dengan layanan ini diharapkan kesulitan siswa, baik kesulitan belajar, kesulitan emosional, maupun kesulitan yang lain dapat teratasi dengan baik.
Program bimbingan untuk masing-masing jenjang pendidikan dapat dirumuskan sesuai dengan karakteristiknya, yaitu:

1.      Program Bimbingan di TK (Taman Kanak-kanak)
Layanan bimbingan dan konselingnya ditekankan pada:
a.       Bimbingan yang berkaitan dengan kemandirian dan hubungan sosial dengan teman-teman sebayanya
b.      Bimbingan pribadi seperti pemupukan disiplin
Pada Taman Kanak-kanak guru kelaslah yang bertindak sebagai konselor dikelas dan biasanya terdapat dua guru kelas pada masing-masing kelas. Terdapat pada dua hal yang dibahas didalam program Bimbingan dan Konseling, yaitu:
1)      Uraian program pengembangan pembentukan perilaku meliputi moral pancasila, agama, disiplin, perasaan atau emosi dan kemampuan bermasyarakat.
2)      Uraian program pengembangan kemampuan dasar meliputi kemampuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan dan jasmani. Biasanya guru menjabarkan macam-macam hal yang perlu diperhatikan secara satu persatu, antara lain:
a)      Kemampuan berbahasa
b)      Daya pikir
c)      Daya cipta
d)     Keterampilan dan
e)      Jasmani

2.      Program Bimbingan di SD (Sekolah Dasar)
Program kegiatan bimbingan dan konseling untuk siswa-siswa sekolah dasar lebih menekankan pada usaha pencapaian tugas-tugas perkembangan mereka antara lain mengatur kegiatan belajarnya dengan bertanggung jawab, dapat berbuat dengan cara-cara yang dapat diterima oleh orang dewasa serta teman-teman sebayanya, mengembangkan kesadaran moral berdasarkan nilai-nilai kehidupan dengan membentuk kata hati (Winkel, 1991). Layanan BK ditekankan pada:
a.       Mengatur kegiatan-kegiatan belajarnya dengan bertanggung jawab
b.      Mengembangkan kesadaran moral berdasarkan nilai-nilai kehidupan
Pada tahap ini Bimbingan dan Konseling berperan dalam membimbing siswa untuk mengenal diri dan lingkungan agar siswa menjadi pribadi yang mandiri, kreatif dan produktif. Di sekolah dasar, sekolah tidak memiliki guru Bimbingan dan Konseling secara khusus yang ada hanyalah wali kelas yang juga berperan sebagai guru Bimbingan dan Konseling dan sistem yang digunakan wali kelas akan mengomentari perilaku yang terjadi sehari-hari dan menuliskannya pada buku rapot yang biasanya berupa  bagaimana prilaku, sikap  dan cara berpakaian.

3.      Program Bimbingan di SMP (Sekolah Menengah Pertama)
Program bimbingan dan konseling di SMP hendaknya berorientasi kepada pencapaian tugas-tugas perkembangannya. Layanan bimbingan dan konseling ditekankan pada:
a.       Bimbingan belajar (sebab cara belajar di SMP berbeda dengan di SD)
b.      Bimbingan tentang hubungan muda-mudi dan hubungan sosial, karena pada usia ini mereka mulai membentuk kelompok sebaya dan mengenal hubungan cinta kasih (Gibson dan Mitchell, 1981)
c.       Bimbingan yang berorientasi pada tugas-tugas perkembangan anak usia 12-15 tahun
d.      Bimbingan karier baik yang menyangkut pemahaman tentang dunia pendidikan ataupun pekerjaan.
Pada tahap ini peran Bimbingan dan Konseling meliputi bagaimana seorang anak memahami dan mengerti tentang dirinya sendiri mengenai bakat (attitude), minat (interest) dan kemampuan (ability)nya.
Bimbingan dan Konseling pada tingkat Sekolah Menengah Pertama memiliki dua guru Bimbingan Konseling yang khusus mengajar pelajaran BK. Dan Bimbingan Konseling pada Sekolah Menengah Pertama memiliki ruangan BK tesendiri agar murid secara mudah bisa menceritakan masalah yang terjadi pada keluarganya. Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Pertama juga memiliki kesempatan masuk kelas selama seminggu sekali, jadi sudah menjadi pelajaran pada umumnya. Setiap murid di wajibkan memiliki buku latihan Bimbingan dan Konseling yang akan dijadikan latihan pada setiap pelajaran usai.
Berikut adalah bagaimana sistematika Bimbingan dan Konseling yang dimiliki sekolah saya:
1)      Evaluasi: Siswa diberi pertanyaan atau tugas untuk mengidentifikasi tentang bakat dan minat serta mengidentifikasi bakat dan minat yang dimiliki
2)      Tindak Lanjut: upaya lebih lanjut menangani siswa yang belum memahami materi diberi layanan bimbingan kelompok kecil, siswa yang memiliki masalah, sehingga tidak aktif dalam layanan di kelas akan diberi layanan  konseling dan siswa yang memiliki masalah setelah layanan materi di kelas akan diberi layanan konseling.

4.      Program Bimbingan di SMA (Sekolah Menengah Atas)
Program bimbingan dan konseling di SMA hendaknya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa sehingga mereka dapat mencapai tugas-tugas perkembangan seperti kemtangan emosional, sosial, intelektual, kematangan dalam mengidentifikasi diri, kematangan dalam memilih pekerjaan, dll. Oleh sebab itu, program bimbingan di SMA hendaknya berorientasi kepada:
a.       Hubungan muda-mudi atau hubungan sosial
b.      Pemberian informasi pendidikan dan jabatan
c.       Bimbingan cara belajar
Rentang umur antar 16-19 tahun yang meliputi sebagian besar dari masa remaja, merupakan masa yang sangat berati bagi perkembangan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, pelayanan bimbingan harus lebih intensif dan lebih lengkap, dibandingkan dengan pelayanan di satuan pendidikan di bawahnya.
Di Sekolah Menengah Atas terdapat dua guru Bimbingan dan Konseling yang selalu ada di ruang khusus Bimbingan dan Konseling. Bimbingan kelompok maupun individual diterapkan secara seimbang, supaya pelayanan bimbingan sampai kepada semua siswa.

5.      Program Bimbingan di Perguruan Tinggi (PT)
Arah program bimbingan di perguruan tinggi agak berbeda dengan program yang ada di lembaga pendidikan yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena adanya hal-hal yang lebih spesifik dalam perkembangan diri mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa juga dituntut untuk menyesuaikan diri dengan pola kehidupan kampus dan di luar kampus.  Program bimbingan di perguruan tinggi hendaknya berorientasi kepada:
a.       Bimbingan belajar di perguruan tinggi atau bimbingan yang bersifat akademik.
b.      Hubungan social dan hubungan muda-mudi.











BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Program bimbingan dan konseling di sekolah ialah sejumlah kegiatan bimbingan dan konseling yang direncanakan oleh sekolah, dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.
Bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu konseli agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya. Sedangkan tujuan program bimbingan dan konseling disekolah terdiri dari: tujuan umum dan tujuan khusus.
Struktur program bimbingan dan konseling di sekolah diklasifikasikan ke dalam empat komponen layanan, yaitu: Pelayanan Dasar, Pelayanan Responsif, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem.
Implementasi program bimbingan dan konseling untuk masing-masing jenjang pendidikan dapat dirumuskan sesuai dengan karakteristiknya, yaitu:
1.      Program Bimbingan di TK (Taman Kanak-kanak)
2.      Program Bimbingan di SD (Sekolah Dasar)
3.      Program Bimbingan di SMP (Sekolah Menengah Pertama)
4.      Program Bimbingan di SMA (Sekolah Menengah Atas) dan
5.      Program Bimbingan di Perguruan Tinggi (PT)

B.     Saran
Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat menambah pengetahuan tentang struktur bimbingan dan konseling  serta implementasinya di sekolah. Kami mengharapkan kritik yang membangun untuk menyempurnakan pembuatan makalah ini.



DAFTAR PUSTAKA

Dudung Abdul Rohman. (2015). “ Program Bimbingan dan Konseling ” [Online] Tersedia http://semangatsukses94.blogspot.co.id/2015/11/makalah-program-bimbingan-konseling.html
Ketut Devi Jayanti. (2014). “ Layanan Bimbingan Konseling ” [Online] Tersedia http://ketutdepi.blogspot.co.id/2014/06/makalah-layanan-bimbingan-konseling.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar